Senin, 15 Maret 2010

TUGAS KOMUNIKASI DATA


Penjelasan Lapisan-Lapisan (Layer) OSI dan TCP/IP


7 Layer / Lapisan OSI (Open System Interconnection)
Lapisan ke-1. Phsycal Layer
Mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan, dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

Lapisan ke-2. Data Link Layer
Menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras. Seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address). Dalam level ini juga menentukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti Hub, Bridge, Repeater, dan Switch Layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi 2 level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan Lapisan Media Access Control (MAC).

Lapisan ke-3. Network Layer
Mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer 3.

Lapisan ke-4. Transport Layer
Untuk memecah data kedalam paket=paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang ditengah jalan.

Lapisan ke-5. Session Layer
Mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu dilevel ini juga dilakukan resolusi nama.

Lapisan ke-6. Presentation Layer
Mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirector (Redirector Software), seperti layanan workstation (dalam Windows NT) dan juga Network Shell.

Lapisan ke-7. Application Layer
Sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.


4 Layer / Lapisan TCP/IP
Lapisan ke-1. Application Layer (Process-to-Process)
Adalah ruang lingkup dalam aplikasi data yang diciptakan oleh pengguna dan mengkomunikasikan data ke proses lain atau aplikasi lain atau host yang sama. Mitra komunikasi sering disebut peers (teman). Dimana protocol “tingkat tinggi” seperti SMPT, FTP, SSH, HTTP, dan lain-lainnya beroperasi.

Lapisan ke-2. Transport Layer (Host-to-Host)
Merupakan rezim jaringan antara 2 host jaringan, baik pada jaringan lokal maupun jaringan jauh dipisahkan oleh router. Transport layer menyediakan antarmuka jaringan yang seragam yang menyembunyikan topologi actual (layout) dari koneksi jaringan yang mendasarinya. Ini adalah tempat dimana aliran-kontrol, koreksi kesalahan, dan ada koneksi protocol, seperti TCP. Lapisan ini berkaitan dengan pembukaan dan memelihara hubungan antara host internet.

Lapisan ke-3. Internet Layer (Internetworking)
Internet layer memiliki tugas pertukaran datagrams melintasi batas-batas jaringan. Oleh karena itu juga disebut sebagai lapisan yang membentuk internetworking, mendefinisikan dan menetapkan internet. Lapisan ini mendefinisikan pengalamatan dan routing struktur yang digunakan untuk TCP/IP protocol suite. Protokol utama dalam lingkup ini adalah Internet Protocol, yang mendefinisikan alamat IP. Fungsinya dalam routing untuk mengangkut datagrams ke IP berikutnya, router yang memiliki konektivitas ke jaringan lebih dekat dengan data akhir tujuan.

Lapisan ke-4. Link Layer
Lapisan ini mendefinisikan metode jaringan dengan cakupan jaringan local link pada host yang berkomunikasi tanpa campur tangan router. Lapisan ini menggambarkan protocol yang digunakan untuk menggambarkan topologi jaringan local dan interface yang diperlukan untuk mempengaruhi transmisi Internet Layer datagrams ke tetangga sebelah host.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Layer OSI dan TCP/IP  |  Template by Blogspot tutorial